Bersih Toiletku, Bersih Hatiku

Rabu, 20 Oktober 2010

Kamar mandi hampir selalu identik dengan nuansa kumuh dan menjijikkan. Hal itu berlaku juga bagi SMAN 3 Jombang atau yang akrab disebut SMAGA. SMAGA yang lekat dengan nuansa adiwiyata ternyata juga tidak lepas dari image kumuh kamar mandi. Hal ini bukan berarti bahwa sekolah yang menyandang gelar sebagai sekolah adiwiyata sampai pada tingkat provinsi tersebut tidak mengeluarkan aturan untuk menjaga kebersihan kamar mandi. Begitu banyak aturan untuk menjaga kebersihan kamar mandi yang ditempel berbagai sisi sekolah, begitu juga sering didengungkan agar semua warga sekolah selalu menjaga kebersihan kamar mandi. Namun kenyataannya, semua aturan dan peringatan itu hanya dianggap sebagai angin lalu. Setiap kamar mandi yang ada selalu kotor dan tampak kumuh. Bukan hanya tidak enak dipandang, dicium pun berbau tidak sedap. Bahkan meskipun kamar mandi itu telah dibersihkan, namun hanya selang beberapa hari kemudian, nuansa kotor dan kumuh itu kembali memenuhi isi kamar mandi.

Jika telah seperti ini, siapa yang akan dipersalahkan? Mungkin karena aturan-aturan yang telah dibuat tidak disertai dengan sanksi yang tegas. Atau mungkin karena aturan dan sanksi tegas yang telah dibuat justru dalam pelaksanaannya kurang dijalankan dengan tegas. Mungkin juga karena kesadaran untuk selalu menjaga kebersihan, termasuk kebersihan kamar mandi, kurang melekat pada diri masing-masing, sehingga meskipun telah begitu banyak aturan, namun tidak ada satu pun yang dapat membawa perubahan dan tetap saja berkali-kali kamar mandi akan kembali menjadi kotor dan kumuh dalam waktu singkat. Ketiganya memiliki kemungkinan yang sama besar. Namun sekarang siapa yang salah tidak begitu penting.

Yang penting saat ini adalah bagaimana untuk selalu menjaga kebersihan kamar mandi dan menciptakan image baru kamar mandi, yaitu kamar mandi yang selalu bersih dan terbebas dari aroma yang tidak sedap. Mungkin kelihatannya semua ini hanyalah hal yang kecil. Tapi jika mulai sekarang, kita besama-sama selalu berusaha menjaga kebersihan kamar mandi , maka kita pun yang akan menuai hasilnya. Kamar mandi yang bersih dan nyaman untuk kita.

Oleh: Zahrin Haznina Q.

0 komentar:

Posting Komentar